Rabu, 05 Oktober 2011

Kebaikan dan Keburukan


Dalam Al-Qur'an Surat Al-Baqarah ayat 216 Allah SWT berfirman :

"Boleh Jadi kamu membenci sesuatu, Padahal ia Amat baik bagimu, dan boleh Jadi (pula) kamu menyukai sesuatu, Padahal ia Amat buruk bagimu; Allah mengetahui, sedang kamu tidak mengetahui."(QS Al Baqarah :216)

Hal ini diumpamakan dari sebuah cerita seekor sapi, seekor kucing dan seoekor burung pipit.

Seekor burung pipit yang lagi asyik terbang disebuah daerah yang sangat dingin dan bersalju, lama kelamaan sayap burung tersebut membeku tertutup salju. Tak lama kemudian sang burung pipit tersebut kelelahan dan tak mampu lagi terbang karena seluruh badannya membeku kedinginan, disaat itu pula datanglah seekor sapi yang besar berjalan kearah sang burung sambil mengeluarkan kotorannya. Kotoran sapi tersebut pas menimpa burung yang sedang kedinginan. Sang burung merasa dikotori sambil mengumpat dan mengeluarkan sumpah serapahnya, lama kelamaan kotoran sapi tersebut mengeluarkan kehangatan pada tubuh sang burung dan es yang menyelimuti tubuk burung tersebut mulai sedikit demi sedikit mencair sambil menggerak-gerakkan sayapnya. Dalam waktu yang bersamaan pula datanglah seekor kucing menghampiri burung tersebut. Sang burung merasa ketakutan, namun dia tak bisa terbang karena badannya masih diselimuti salju dan terpaksa hanya pasrah. Tiada disangka kucing tersebut menjilat-jilati bulu sang burung hingga bersih dari kotoran sapi, karena kesenangan dijilati kucing, burung menjadi keenakan dan terlena sampai ketiduran. Namun setelah burung merasa dibelai kucingpun memakannya.

Dari kesimpulan ayat diatas dapatlah kita mengambil pelajaran bahwasanya hal yang buruk menimpa kita belum tentu buruk hasilnya atau membawa mudharat bagi kita. Tapi suatu kesenangan yang kita terima belum tentu hasilnya baik buat kehidupan kita

Semoga bermanfaat.

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More